Berita / Blog

Ujicoba Panduan Protokol Penanganan Kasus Kekerasan di Ambon

Setelah dilakukan di tiga kota yaitu Makassar, Parepare dan Toraja, pada hari ini 28 hingga 29 Juli 2020, Yayasan BaKTI melalui #ProgramMAMPU bersama tim di Kota Ambon kembali menggelar Workshop Uji Coba Panduan Protokol Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Masa Pandemi Covid-19. Hadir sebagai peserta kegiatan yakni Kejaksaan, Pengadilan Negeri, LPK Anak, P2TP2A Kota/Prov, Dinkes, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, LSM dan Perwakilan Kelompok Konstituen.

Ujicoba Panduan Protokol Penanganan Kasus Kekerasan di Masa Pandemi

Setelah Makassar & Kota Parepare, Yayasan BaKTI melalui Program MAMPU kembali mengadakan Workshop Uji Coba Panduan Protokol Covid-19 untuk Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Masa Pandemi di kota Makale - Tana Toraja pada 23 - 24 Juli 2020. Kegiatan dibuka oleh Kadis DPPPA Tana Toraja dan dihadiri oleh 20 peserta yang mewakili DPPPA, P2TP2A, Lembaga Vertikal (PN, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Agama) dan Paralegal.

Ujicoba Panduan Protokol Penanganan Kasus Kekerasan di ParePare

Sebagai kelanjutan dari kegitan serupa di Makassar beberapa hari yang lau, maka padada tanggal 16-17 Juli 2020, Yayasan BaKTI melalui Program MAMPU mengadakan kegiatan Sosialisasi Piloting Panduan Protokol Covid-19 untuk Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Kota Parepare. Kegiatan yang dibuka oleh Kadis DPPPA Kota Parepare ini dihadiri oleh 25 orang mewakili lembaga vertikal antara lain: Kejaksaan (Kajari), Pengadilan Agama (Ketua), Pengadilan Negeri dan Kemenag. Juga turut hadir lembaga penyedia layanan lainnya yaitu Dinsos, Puskesmas, RS Pemerintah, P2TP2A dan Paralegal.

Monev Pencapaian SDGs di Parepare dan Kendari

INFID dengan dukungan Program MAMPU telah menyusun buku panduan monitoring dan evaluasi pencapaian SDGs dgn menggunakan Indikator Responsif Gender, Transformatif dan Inklusi. Tools ini telah diperkenalkan dan di uji coba di 3 wilayah piloting MAMPU BaKTI yaitu Maros, Parepare dan Kendari. Monev SDGs ini fokus pada Goals #1, #3, #4, #5, #6 dan #8. Kegiatan ini diikuti OPD Dinkes, Dinsos, Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Capil, Bappeda dan DPPPA. Selain itu hadir juga perwakilan CSO dan BUMN antara lain KPI, Aisyiah, Pinus, YLP2EM dan RPS serta Pertamina.

Ujicoba Panduan Protokol Penanganan Kasus Kekerasan di Masa Pandemi

Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan anjuran bekerja, beribadah dan belajar dari rumah diikuti dengan penetapan PSBB. Pada kenyataannya anjuran ini malah menimbulkan berbagai masalah baru, salah satunya adalah kekerasan dalam rumah tangga. Kelompok yang rentan mengalami tindak kekerasan dalam rumah tangga adalah perempuan dan kondisi ini akan bertambah parah jika dibarengi dengan kondisi ekonomi keluarga yang tidak menentu.

Monev Pencapaian SDGs di Kabupaten Maros

Bertempat di ruang rapat kantor Bupati Maros, tanggal 7 Juli 2020, BaKTI melalui Program MAMPU melakukan pendampingan kepada Bappeda, SKPD terkait dan Organisasi Non Pemerintah dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pencapaian SDGs Kabupaten Maros pada Goals 1, 2, 3, 5, 6 dan 8.
Pertemuan diikuti oleh 30 peserta dan dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Maros, sekaligus memberikan masukan dan arahan untuk Optimalisasi Implementasi SDGs di Kabupaten Maros.
Hasil Monev akan Menjadi Acuan untuk Penyusunan Matriks Renaksi SDGs periode 5 tahun ke depan.

Penguatan Anak Muda dalam Pencegahan Perkawinan Anak - Makassar

Pada 4 Juli 2020, bertempat di Red Corner Cafe Makassar, Yayasan BaKTI melalui Program MAMPU mengadakan diskusi bertema Penguatan Anak Muda Dalam Pencegahan Perkawinan Anak. Diskusi ini menghadirkan narasumber dari LPA Sulsel, Save The Children dan BaKTI. Kegiatan diikuti oleh 20 Anak Millenial yang berasal dari KNPI Makassar, YKPM SulSel, Sekolah Perempuan Pulau-Pangkep, Forum Anak Makassar & Maros, Aisyiyah, KPI.

Penguatan Anak Muda dalam Pencegahan Perkawinan Anak - Maros

Pada 3 Juli 2020, bertempat di ruang kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Maros, Yayasan BaKTI melalui Program MAMPU mengadakan diskusi bertema Penguatan Anak Muda Dalam Pencegahan Perkawinan Anak di Kabupaten Maros, Menghadirkan Narasumber LPA Sulsel, Save The Children dan DPPPA Maros. Kegiatan Diikuti oleh 20 Anak Millenial dari Forum Anak Maros, KNPI, Nasyiatul Aisyiyah, KPI dan Organisasi Pemuda.

Sosialiasi dan Pendampingan Monev Pencapaian SDG's di ParePare

BaKTI Melakukan Sosialiasi dan Pendampingan kepada Bappeda Kota Parepare untuk Monitoring dan Evaluasi Pencapaian SDG's. (22 Juni 2020)

Koalisi Stop Perkawinan Anak di SulSel peringati IWD 2020 di area CFD

Aksi kolektif memperingati hari Perempuan Internasional 2020 IWD di Sulsel diawali dengan Peringatan di area Car Free Day Boulevard Makassar, Minggu 8 Maret 2020. Ragam kegiatan dan aksi dilakukan Koalisi Stop Kawin Anak di Kota Makassar. Kawasan car free day (CFD) di Jalan boulevard Makassar, Minggu (8/03) tampak ramai dan dipadati aktivitas masyarakat. Ada yang berlari, bersepeda dan berbagai aktivitas lainnya.

Halaman

Berlangganan Berita / Blog