Berita / Blog

Koalisi Stop Perkawinan Anak di SulSel peringati IWD 2020 di area CFD

Aksi kolektif memperingati hari Perempuan Internasional 2020 IWD di Sulsel diawali dengan Peringatan di area Car Free Day Boulevard Makassar, Minggu 8 Maret 2020. Ragam kegiatan dan aksi dilakukan Koalisi Stop Kawin Anak di Kota Makassar. Kawasan car free day (CFD) di Jalan boulevard Makassar, Minggu (8/03) tampak ramai dan dipadati aktivitas masyarakat. Ada yang berlari, bersepeda dan berbagai aktivitas lainnya.

Rangkaian kegiatan 16 HAKTP di Sulsel thn 2019

Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (HAKTP) 2019 yang dilakukan oleh Koalisi Stop Perkawinan Anak SulSel yang didukung oleh Program MAMPU dan AIPJ2. Diawali dengan Workshop dan Sosialisasi PERMA No. 5 Tahun 2019 di kantor PTA Makassar, talkshow di media TV dan Radio, Kampanye di acara Car Free Day, Sosialisasi Stop Perkawinan Anak ke beberapa SMP, diskusi bareng seniman/perupa Makassar di acara "Ngopi itu Hak Asasi" dan Diskusi bersama komunitas Perempuan di Makassar untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan.

Pelatihan Infografis di Belu

Yayasan BaKTI Makasar pada tanggal 24-25 Oktober 2019 bertempat di kantor PPSE-KA melaksanakan kegiatan pelatihan infografis bagi staf mitra, dan CSO. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar adanya bekal bagi peserta pelatihan dalam membuat konten untuk menyampaikan informasi secara jelas dan kreatif di media sosial, sebagai bahan persentase atau kampanye dalam bentuk infografis sehingga menarik minat orang untuk melihat dan membaca isi dari infografis tersebut.

Refleksi dan Analisis Partisipatif (PAR) di Belu

MAMPU Jakarta dan Yayasan BaKTI Makasar  pada tanggal 22-23 Oktober 2019 melaksanakan kegiatan Refleksi dan Analisis Partisipatif (PAR) dan kunjungan lapangan  di Belu. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan semua kegiatan dan capaian yang dilakukan oleh BaKTI dan sub-mitra tersajikan dalam laporan dengan akurat yang meminimalkan risiko salah saji laporan baik disengaja atau tidak disengaja. Hari pertama Tim bersama PPSE-KA melakukan kunjungan dan pertemuan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan P2TP2A Belu.

PERTEMUAN PENYUSUNAN SOP P2TP2A KABUPATEN BELU

Guna mendungkung peran staf P2TP2A Belu dalam menjalankan proses kerja agar terkontrol dengan baik terkait alur tugas, wewenang, serta tanggungjawab setiap unit kerja, PPSE-KA dalam program MAMPU-BaKTI pada tanggal 6 sampai 7 september 2019 melaksanakan kegiatan workshop penyusunan SOP P2TP2 Belu yang berlangsung di Aula Kantor PPSE-KA dengan melibatkan tim P2TP2A dan jejaring P2TP2A antara lain : Unit PPA, Rumah Sakit Umum, Dinsos, Rumah Aman, Bagian Hukum Seta Belu, dan Media.

Workshop Desain Strategi Pemberdayaan Kemandirian Kelompok

Jumat 23 Agustus 2019 bertempat  di Aula Hotel Permata, PPSE Keuskupan Atambua dalam Program MAMPU-BaKTI melaksanakan kegiatan Workshop Desain Strategi Pemberdayaan Kemandirian Kelompok.

Seminar Sehari Memahami Urgensi RUU P-KS

Rabu 14 Agustus 2019 bertempat di Baruga Anging Mammiri Rujab Walikota Makassar, beberapa lembaga yang tergabung dalam Koalisi Sahkan RUU P-KS dengan dukungan AIPJ2 & Program MAMPU, melaksanakan Seminar Sehari Memahami Urgensi RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, dengan narasumber Dr. Abdillah Mustari (UIN Makassar) dan Dr. Irwan Muin (advokat dan ahli hukum pidana), yang dihadiri oleh perwakilan OPD Sulsel, OPD Makassar, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, organisasi perempuan, dan organisasi pemerhati anak.

Workshop Pendampingan Pemerintah Kelurahan Kota Parepare

Hari ini 31 Juli 2019, bertempat di Hotel Kenari Kota Parepare, sedang berlangsung Workshop Pendampingan Pemerintah Kelurahan Kota Parepare terkait dengan Alokasi Dana Kelurahan. Salah satu narasumber adalah Sekretaris Bappeda Kota Parepare. Kegiatan diikuti oleh Lurah dan Kelompok Konstituen dari 15 kelurahan.
Permendagri Nomor 130 Tahun 2018 mengatur dua substansi pokok, yaitu pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan sebagai pedoman pengelolaan kegiatan yang bersumber dari dana kelurahan untuk tahun anggaran 2019.

Advokasi Perdes Perlindungan Perempuan

PPSE dalam Program MAMPU pada tanggal 12 sampai dengan 26 Juli 2019 melakukan kegiatan Pendampingan Pemerintah Desa tentang Penyusunan Peraturan Desa Perlindungan Perempuan, Anak dan Inklusi yang berlangsung di 8 desa dampingan PPSE Program MAMPU-BaKTI. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan melahirkan point penting terkait isu Perempuan dan Anak serta akses layanan bagi para penyandang disabilitas.

Konsultasi Publik Perdes PPA di Lotim

Pada tanggal 22 Juli 2019 lalu, bertempat di Aula Kantor Desa Labuhan Haji telah dilaksanakan Konsultasi Publik Peraturan Desa tentang Perlindungan Perempuan dan Anak. Kegiatan ini dihadiri oleh 60 peserta yang terdiri dari Perwakilan OPD Kabupaten Lombok Timur, Sekretaris Camat Labuhan Haji, anggota Lembaga Desa, Anggota Kelompok Konstituen, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, kelompok Perempuan Pesisir dan perwakilan masyarakat.

Halaman

Berlangganan Berita / Blog