Pelatihan Pertanian Alami di Lembang Ke'pe Toraja - Hari 2

Melanjutkan pelatihan pada hari 1, pada hari ke 2 ini dilakukan dengan mempraktekkan teori yang sudah dijelaskan bahwa pertanian alami memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kita, dan pertanian alami tidak memasukkan bahan-bahan kimia berbahaya kedalam bahan makanan melalui tanaman. Nutrisi itu zat makanan bagi tanaman, misalnya : Nitrogen (N), Pospor (P), Kalium (K), Calsium (Ca). Kalau Mikroba adalah kuman (mikroorganisme) yang bermanfaat bagi tanah untuk menghasilkan nutrisi tanah dengan memproses sisa-sisa tanaman.

Dapat disimpulkan bahwa tehnik pertanian alami : 

  • Sederhana dan mudah dilakukan, Irit biaya dan murah, Ramah Lingkungan dan tidak berbahaya, Bahan mudah didapat/ banyak disekitar kita, Rasional dan masuk akal.
  • Beberapa komentar dari peserta pelatihan :

“Pertanian alami bagi kami perempuan yang sangat memperhatikan gisi dan kesehatan keluarga, pelatihan ini sungguh bermanfaat, apalagi semua bahan kami kenal dan mudah kami dapat. Praktek pembuatannya cukup mudah dan memang kami sudah biasa meramu bahan seperti ini”.  (Sherly)

“Saya punya sawah yang sedang digarap oleh orang lain. Saya meminta supaya dia jangan lagi pakai bahan kimia untuk pupuk dan pestisida. Saya tidak mau sawah saya penuh dengan bahan racun, karena nanti kalau saya akan garap sendiri lagi, saya mau pakai bahan alami saja”. (Bongi)

 

Penulis : Matias Tanan (Lembaga YKS Toraja)

Berita Terkait