Pelatihan Pertanian Alami di Desa Leun Tolu - Hari 1

Pada Rabu tanggal 26 oktober 2016 bertempat di Kantor Desa Leun Tolu, Kabupaten Belu dilaksanakan pelatihan pertanian alami. Desa Leun Tolu merupakan salah satu wilayah dampingan Program MAMPU. Hadir dalam pelatihan ini Direktur PPSE-KA Romo Urbanus Hala, Sekretaris Desa Leun Tolu Dasius Ulu, Konsultan MAMPU-BaKTI Bpk. May Januar, Pemateri Pertanian Alami Bpk. Alami Armin Salassa, Staf PPSE Program MAMPU, serta peserta pelatihan dari kelompok konstituen dan masyarakat tani.

Dikatakan Sekdes, pelatihan Pertanian Alami sangat bermanfaatbagi masyarakat dan kedepannya kelompok konstituen bisa menjadi sponsor untuk menggalakkan pupuk organik dan dipakai oleh masyarakat Desa Leun Tolu. Selama ini pupuk kimia masih dipakai oleh masyarakat desa leuntolu dalam pertanian, diera globalisasi ini ada masyarakat yang lebih memilih hasil-hasil produk pertanian yang tidak berbahan kimia karena tidak membahayakan bagi kesehatan. Diharapkan melalui pelatihan ini hasil-hasil produksi pertanian masyarakat Desa Leun Tolu terbebas dari bahan-bahan kimia. Dalam kurung waktu tiga hari, peserta pelatihan mengikuti pelatihan ini, agar memanfaatkan  waktu dengan baik dan tetap fokus pada materi yang di berikan, “ tambah Dasius.

Hal senada disampaikan oleh konsultan MAMPU-BaKTI bpk. May Januar melalui Program MAMPU yang fokus pada perempuan untuk penanggulangan kemiskinan, bahwa kemiskinan itu terjadi karena adanya kebijakan yang tidak pro pada orang miskin dan tidak responsif gender dimana sering terjadi pada kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan pertanian ini, ada upaya yang dilakukan untuk mengatasi kemiskinan dan pertanian organik merupakan salah satu yang dilirik oleh pasar, sehingga membuka peluang ekonomi bisnis pada keluarga dalam penanggulangan kemiskinan, dan diharapkan melalui pelatihan ini bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat di desa ini.

“Pertanian Alami sendiri merupakan pertanian yang mengandalkan kekuatan alam yang telah disiapkan oleh Tuhan”

Armin Salassa

(Penulis : Siju Moreira-PPSE-KA)

 

Berita Terkait